MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PJBL )PADA SISWA KELAS V SDN 006 PELITA KECAMATAN BAGAN SINEMBAH KAB ROKAN HILIR PROVINSI RIAU

  • LISWITA LISWITA SD NEGERI 006 PELITA
Keywords: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam, Project Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data empirik tentang pemanfaatan metode pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam meningkatkan hasil belajar IPA tentang system peredaran darahku sehat . Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Negeri 006 Pelita  dalam pembelajaran tematik tema 4 Sehat itu Penting Sub Tema 1 Peredaran Darahku Sehat Pembelajaran 1. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 006 Pelita. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Project Based Learning (PJBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 006 Pelita. Pada siklus pertama 14 dari 28 siswa atau 50% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 25 dari 28 siswa atau 89% siswa mencapai KKM.

References

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Ariyana, Yoki. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kamdi, W dkk. 2010. Model – model pembelajaran. Bumi Aksara. Universitas Negeri Malang
Kemendikbud. 2014. Model Pembelajaran Project Based Learning. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Published
2022-01-12
Section
Articles