PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS I DI SD NEGERI 399 SIWA

  • NINING ANDRIANI SDN 399 SIWA
Keywords: hasil belajar siswa, model problem based learning, pembelajaran media gambar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) melalui media gambar siswa kelas I SD Negeri 399 Siwa Kecamatan  Pitumpanua Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas I SD  Negeri 399 Siwa Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo yang berjumlah 32 siswa. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase keaktifan belajar siswa pada siklus I yaitu kesiapan mengikuti pelajaran 32,5%, menyimak penjelasan guru 35%, aktif bertanya atau berpendapat 40%, merespon tugas 52,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan keaktifan belajar yaitu kesiapan mengikuti pelajaran 82,5%, menyimak penjelasan guru 87,5%, aktif bertanya atau berpendapat 65%, merepon tugas 77,5%. Hal ini dapat dilihat dari hasil keaktifan belajar siswa pada saat pembelajaran .Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning melalui media gambar pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.

References

Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara. Darmansyah. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Padang: UNP.
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.
Lubis, Wildan Ahmad. (2017). Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Kerja Kelompok Untuk Kelas III SDN Sepatan Kabupaten Tulungagung.
Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI)
Published
2022-01-12
Section
Articles