MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGERJAAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT MELALUI PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA KELAS V UPT SPF SD NEGERI TABARINGAN 5 MAKASSAR

  • Herianto Herianto UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Belajar Matematika melalui Pendekatan Pemecahan Masalah Kelas V UPT SPF UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Makassar. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif yang didesain melalui penelitian tindakan kelas (class room action research). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, tiap siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Kecamatan Ujung Tanah Kota Makassar Tahun Ajaran 2020/2021, dengan jumlah siswa 30 orang. Sebanyak 17 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Instrumen penelitian ini adalah tes dan lembar observasi.  Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa siklus I rata-rata 53,7 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 78,5. Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 26,67% dan meningkat pada siklus II menjadi 90%. Dengan demikian, maka Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Makassar. (2) Penerapan Pendekatan Pemecahan Masalah (Problem Solving) dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar. Indikator peningkatan tersebut dapat dicermati berdasarkan hasil  observasi dari siklus I ke siklus II mengalami perubahan, terutama pada perubahan sikap, motivasi, antusias, dan hasil belajar siswa dalam memahami materi. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 56,15 dan meningkat pada siklus II yaitu 79,72, Maka , penggunaan metode pendekatan pemecahan masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Tabaringan 5 Makassar mengalami peningkatan.

References

Aisyah, Nyimas. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Depdikbud. (1993). Buku I Ketentuan-ketentuan Pokok Kurikulum Pendidikan Tenaga Kependidikan Sekolah Menengah Program S1. Jakarta: Depdikbud
------. 1999. Penelitian Tindakan Kelas. Tim Proyek PGSM Jakarta: Depdikbud

Hudojo, Herman. 1977. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK.
------. 1988. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Dirjen Dikti PPLPTK.

------. 1997. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang: IKIP MALANG

Husnaeni. 2001. Membangun Konsep Segitiga Melalui Penerapan Teori Van Hiele Pada Siswa Kelas V SD. Tesis. Malang: PPS UnVersitas Negeri Malang.

Nanang. 1992. Pengaruh Penggunaan Langkah-langkah Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SD. Tesis. Malang: PPs IKIP Malang.

Soejadi, R. 1995. Misconsepsi Dalam Pengajaran Matematika (Pokok-pokok Tinjauan Dikaitkan Dengan Kontruktivisme) Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional Pendidikan Sains dan Matematika di UnVersitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Salatiga, Januari.
Published
2022-01-12
Section
Articles