PENINGKATAN lKUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI SUMBEREJO 01

  • Samuel Dwi Christyono SDN Sumberejo 01
Keywords: Kualitas pembelajaran, IPS, Problem Based Learning

Abstract

Belum optimalnya kualitas pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Sumberejo 01. Ada 10 dari 18 peserta didik  atau sebanyak 56%  peserta didik belum mencapai nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 63. Permasalahan yang muncul guru belum menggunakan pembelajaran inovatif, selain itu juga kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian adalah: meningkatkan kualitas pembelajaran IPS melalui model Problem Based Learning di kelas V SD Negeri Sumberejo 01. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Sumberejo 01 yang terdiri dari 18 orang peserta didik. Hasil penelitian menggunakan model Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan kualitas pembelajaran IPS di kelas V SD Negeri Sumberejo 01 yang ditunjukakan dengan meningkatnya hasil belajar, aktivtas peserta didik dan keterampilan guru. Pada siklus pertama nilai rata-rata peserta didik mencapai 73 atau sebanyak 67% peserta didik mencapai nilai ketuntasan yang ditetapkan. Aktivtas peserta didik dan keterampilan guru dalam kategori baik. Dan pada siklus 2 mengalami peningkatan kembali yaitu nilai rata-rata yang diperoleh adalah 80 atau 83% peserta didik mencapai ketuntasan minimal. Aktivtas peserta didik dan keterampian guru juga dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V di SD Negeri Sumberejo 01.

References

Anitah W, Dkk. (2009). Strategi pembelajaran di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Asmani, Jamal Munib, Dkk. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press
Aries, Erna Febru dan Ari Dwi Haryanto. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Malang : Aditya Media Publishing.
Barrows. (1996). Problem Based Learning Medicine Beyond. New Direction for Teaching and Learning . Jossey -Bass Publis.
Sanjaya, Wina. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta :Kencana Prena Media.
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusita, Ni Ketut Pebry; Rati, Ni Wayan; Pajarastuti, Desak Putu. Efektivitas Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik (Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia). Journal for Lesson and Learning Studies, 2021, 4.2.
Published
2022-01-12
Section
Articles