PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

  • Kukuh Wahyu Wicaksono SD Negeri Ledok 02 Salatiga
Keywords: Problem Based Learning, model pembelajaran, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman analisis berfikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V SD. Hal tersebut karena pembelajaran selama pandemi yang digunakan guru kelas masih kurang bervariasi serta kurangnya media pembelajaran. Siswa hanya mengerjakan LKPD tanpa penjelasan dalam pembelajaran. Akibatnya siswa dalam pembelajaran hingga hasil berfikir kritis siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran tematik dengan metode penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dalam penelitian adalah model Problem Based Learning. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Ledok 02 dengan jumlah siswa 15 orang. Data penelitian ini menggunakan tes. Berdasarkan penelitian menerapkan model PBL diperoleh hasil yang memuaskan. Hal ini dilihat dari rata-rata ketuntasan mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata 67,78 % meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL yang diterapkan dalam pembelajaran sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD.

References

Amir, M. T. (2015). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.
Anggarayanthi, L. A., Suniasih, N. W., & Suara, I. M. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan untuk Meningkatkan Hasil belajar IPA Tema Ekosistem Siswa Kelas VA SDN 12 Padang Sambian. E-Journal: Universitas Pendidikan Ganesha.
Jaenudi, dkk. (2017). Penggunaan Lembar Investigasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II, (1) hlm, 1-14.
Republik Indonesia. (2003). Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. (2016). Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Published
2022-01-12
Section
Articles