PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI LENTENG BARAT II

  • maefa sri handayani SDN LENTENG BARAT II
Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakanngi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas IV SD Negeri Lenteng Barat II, fokus masalah dan tujuan pelaksanaan penelitian diuraikan sebagai berikut: bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalamĀ  meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Negeri Lenteng Barat II. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Lenteng Barat II Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep Provinsi Jawa Timur pada semester ganjil 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan kajian dokumen, teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (prasiklus) menunjukkan lebih dari 50% jumlah siswa yang tidak mencapai KKM sehingga kami selaku pendidik merasa perlu melakukan PTK dengan menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran selanjutnya guna meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV. Hasil penelitian yang dilakukan dalam 2 siklus menunjukkan hasil sebagai berikut: pada siklus I diperoleh data 60% langkah model PBL telah terlaksana dengan baik, dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM 60% dari jumlah semua siswa kelas IV. Pada siklus II diperoleh data 75% langkah model PBL telah terlaksana dengan baik, dan hasil belajar siswa yang mencapai KKM adalah 80% dari jumlah semua siswa kelas IV. Dari hasil penelitian dari 2 siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Lenteng Barat II.

References

Arief, H.S., Maulana,. & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141-149.

Ayu, Aam Ramina. PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATERI KELILING DAN LUAS PERSEGIPANJANG DAN SEGITIGA (Penelitian Eksperimen terhadap Siswa Kelas VA dan VB SDN Karapyak I di Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang). Diss. UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA, 2016.

Gunantara, Gede. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SiswaKelas V.

Indriyastuti 2016. Dunia Matematika 4 untuk SD dan MI Kelas IV. Solo:Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Muhsetyo, Gatot. (2002) Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Mulyati, Tita. "Pendekatan Konstruktivisme Dan Dampaknnya Bagi Hasil Belajar Matematika Siswa SD." EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 1.2 (2016).

Nurlatifah, D., Sudin, A., & Maulana. (2017). Perbedaan Pengaruh Antara Pendekatan Realistik dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Kesebangunan. Jurnal pena ilmiah, 2(1), 961-970.

Pasaribu, Asbin. "Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional Di Madrasah." EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial 3.1 (2017).

Puspita, Yanti, and Muhammad Ghiyats Ristiana. "Pembelajaran Materi Bangun Datar Pada Siswa SD Kelas IV Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme." COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education) 3.5 (2020): 201-207.

Suaibah, Siti. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA DENGAN METODE KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 02 KARANGTURI KECAMATAN GONDANGREJO KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN 2009/2010. Diss. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2010.
Sugiyono.2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif,dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Published
2022-01-12
Section
Articles