PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V

  • Yulia Sutiani SDN Lengkongjaya
Keywords: Problem Based learning, model pembelajaran, hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN Lengkongjaya tahun pelajaran 2021-2022. Penelitian ini bertujuan untuk   mendeskripsikan penerapan  model pembelajaran Problem Based Learning dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lengkongjaya. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan  pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen, Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Hasil  penelitian pada siklus 1 menunjukan bahwa langkah model telah  terlaksana dengan baik, dan hasil belajar siswa mencapai 67 % atau 8 siswa dari jumlah siswa nilainya di atas kriteria ketuntasan minimal dengan capaian  rata-rata kelas 74,58. Hasil penelitian pada siklus 2 diperoleh data bahwa langkah model sudah terlaksana dengan sangat baik dan 83 % atau 10 siswa nilainya di atas kriteria ketuntasan minimal, dengan capaian rata-rata kelas  81,25. 75 % siswa atau 9 siswa aktif secara psikomotor maupun afektif. Temuan penelitian menunjukkan model pembelajaran problem based learning secara bertahap dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lengkongjaya. Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran  problem based  learning yang diterapkan dengan baik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Lengkongjaya Kecamatan Parungponteng Kabupaten Tasikmalaya semester 1 tahun pelajaran 2021-2022.

References

Amir Taufiq M. (2016). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta : Kencana.
Anggoro M Toha., Andriani Durri., Puspitasari Ambar Kristanti., Belawati Tian., Kesuma Ratna.,Wardani I G.A.K. (2016). Metode Penelitian. Tanggerang Selatan : Universitas Terbuka.
Ariyana,Yoki., Pudjiastuti, Ari., Bestary Reisky., Zamroni . (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Direktorat Guru dana Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dr. Purwanto, M.Pd. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kurniawan Yusep, S.Pd., SD.(2019). Inovasi Pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran bagi Guru. Surakarta: CV Kekata Group.
Nisya Khairun. (2019). PTK Jadikan Guru Profesional. Medan : Guepedia.com
Sinar. (2018). Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish
Wardhani I.G.A.K., Wirahdit Kuswaya. (2008). Penelitian Tindakan Kelas Edisi ke 1. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
2022-01-12
Section
Articles