PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MINAT BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR

  • yogi purnawati sdnsedayu1
Keywords: : inkuiri, keaktifan, minat belajar

Abstract

Seorang pendidik harus mampu menciptakan teori belajar sepanjang hayat (life long learning), dan bagaimana belajar (learning how to learn). Proses pembelajaran yang demikian belum dilaksanakan sepenuhnya di SD Negeri Sedayu 1. Pembelajaran masih didominasi oleh guru. Guru menjelaskan materi tanpa memberikan contoh secara konkret. Hal demikian menyebabkan keaktifan dan minat belajar pada siswa kelasĀ  VI rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan minat belajar melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VI SD Negeri Sedayu 1.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: 1) perencanaan (plan); 2) tindakan (act); 3) pengamatan (observe); 4) refleksi (reflect). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Sedayu 1 dengan jumlah siswa 27 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah keaktifan dan minat belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri.

Berdasarkan hasil observasi keaktifan siswa pada siklus II sudah mencapai target pencapaian atau indikator keberhasilan. Rata-rata skor keaktifan belajar pra siklus adalah 55,38 (kurang) meningkat menjadi 70,77 (tinggi) pada siklus I, dan meningkat menjadi 85,28 (sangat tinggi) pada siklus II. Hasil kuesioner minat belajar siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan. Rata-rata skor kuesioner minat belajar pra siklus adalah 60,43 (cukup) meningkat menjadi 71,06 (tinggi) pada siklus I dan meningkat menjadi 81,63 (sangat tinggi) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keaktifan dan minat belajar melalui model pembelajaran inkuiri pada siswa kelas VI SD Negeri Sedayu 1.

References

Alisuf Sabri. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.
Dimyati Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar.1991. Pendidikan Guru Konsep dan Strategi, Mandar Maju. Bandung.Depdikbud
Heinz Kock. 1994. Saya Guru Yang Baik. Yogyakarta: Kanisius
Inggritwati Kurnia, dkk. 2008. Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen pendidikan Nasional.
Muhibbin Syah. 2001. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Kencana: Jakarta
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Published
2022-01-12
Section
Articles