UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM MELALUI MEDIA APLIKASI QUIZIZZ

  • Widya Diah Trisnaningrum SD Integral Hidayatullah
Keywords: Keseimbangan Ekosistem,Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Integral Hidayatullah sebanyak 10 orang. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdisi dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan tahap-tahap penelitian sedikit berbeda dari pembelajaran dalam kelas karena pembelajaran dilakukan secara terpisah atau siswa berada dirumah masing-masing. Setelah pelaksanaan pembelajaran daring melalui Media Aplikasi Quiziz  pada siklus I diperoleh data hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM 50 % dari 9 peserta didik, sedangkan siklus II data hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM 90 % dari 10 siswa. Jadi Media Aplikasi Quiziz  dalam pembelajaran daring dapat meningkatkan hasil belajar  pada peserta didik kelas 5 SD Integral Hidayatullah sebesar 40 %. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran daring melalui Media Aplikasi Quiziz pada peserta didik kelas 5 SD Integral Hidayatullah, Kecamatan Burau, Kabupaten Luwu Timur pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021

 

References

Arikunto, Suharsimi, dan Supardi Suhardjono. (2015). "Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi." Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada Henry, S. (2010). Cerdas dengan Game. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Martinis Yamin. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).
Suo Yan Mei. 2018. Implementing Quizizz as Games Based Learning in the Arabic Classroom. journal of Social Science Education and Reseach, 2018-212.
Published
2022-01-12
Section
Articles