PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN

  • utikatul ulya SD Negeri Gandusari 2
Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab.

Abstract

Karakter disiplin dan tanggung jawab merupakan salah satu nilai karakter yang ada di dalam kompetensi inti sikap sosial yang harus di kembangkan kepada peserta didik. Berdasarkan hasil observasi di SD Negeri Gandusari 2, sekolah ini konsisten dalam membangun budaya karakter kepada siswa, hal ini terlihat dari visi dan misi yang ingin dicapai, Kurikulum yang digunakan serta fasilitas yang disediakan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD Negeri Gandusari 2, serta mengetahui perilaku siswa dalam menerapkan karakter disiplin dan tanggung jawab. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gandusari 2 pada Februari-April 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa teknik wawancara, angket (questionnaire), dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SD Negeri Gandusari 2 terlaksana dengan baik persentase (87.5%). Hasil yang didapatkan terkait indikator penerapan pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab. Pertama diintegrasikan dalam program pengembangan diri meliputi kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Kedua diintegrasikan di dalam mata pelajaran yang meliputi Silabus, RPP, dan kegiatan pembelajaran, penerapannya dilakukan dengan mencantumkan nilai-nilai karakter di dalamnya. Ketiga diintegrasikan di dalam budaya sekolah meliputi budaya di kelas, sekolah, dan luar sekolah. Budaya tersebut merupakan kegiatan yang sering dilakukan yang sudah menjadi kebiasaan siswa. Sedangkanperilaku siswa dalam menerapkan karakter disiplin pada kategori cukup persentase (58.3%), sebanyak 70 siswa. Selanjutnya perilaku siswa dalam menerapkan karakter tanggung jawab pada kategori cukup persentase (57.5%), sebanyak 69 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian sebaiknya perilaku siswa dalam menerapkan karakter disiplin dan tanggung jawab perlu ditekankan dan dibiasakan secara terus-menerus kepada siswa, agar perilaku tersebut menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kemudian untuk mengatasi kekurangan dari aspek nilai karakter, sebaiknya sekolah ada langkah tertentu untuk mengatasi hal tersebut.

References

Adisusilo, S. (2014). Pembelajaran Nilai-Karakter: Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Amazona, R. H. (2016). Implementasi Pendidikan Karkter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Ary, D., Jacobs, L.C & Rozavieh, A. (2011). Pengantar Penelitian Pendidikan.
Terjemahan oleh Arif Furchan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset
Daryanto & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah.
Yogyakarta: Gava Media
Published
2022-01-12
Section
Articles