MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TENTANG MEMBACA NYARING DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS III SD NEGERI SOKO II KECAMATAN TEMAYANG KABUPATEN BOJONEGORO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Rediana Setiawan SD NEGERI SOKO II TEMAYANG BOJONEGORO
Keywords: Demontrasi, membaca nyaring

Abstract

Penelitian ini berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Membaca Nyaring Dengan Metode Demonstrasi Siswa Kelas III SD Negeri Soko II Kabupaten Bojonegoro Semester I Tahun Pelajaran 2019/2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang membaca nyaring dengan menggunakan metode demonstrasi, siswa kelas III SD Negeri Soko II semester I.

Adapun metode yang digunakan adalah metode demonstrasi akan diterapkan dua siklus dan setiap siklus ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Penelitian ini diharapkan akan bermanfaat bagi sekolah yaitu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dan bagi siswa adalah meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan metode demonstrasi, bagi guru menjadi masukan bahwa dalam mengajarkan Bahasa Indonesia harus menggunakan metode yang sesuai.

Hasil penelitian ini menunjukkan keberhasilan prestasi yaitu pada siklus I rata-rata 76,73 dan siklus II 82,23.

Simpulan yang diperoleh setelah melaksanakan penelitian tindakan kelas adalah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran Bahasa Indonesia.

Saran peneliti adalah hendaknya guru mau menggunakan demonstrasi yang sesuai dengan materi pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SD Negeri Soko II, Kabupaten BojonegoroTahun Pelajaran 2019/2020

References

Hastuti, Eka Fitri. 2010. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Tentang Pengukuran dengan Metode Demonstrasi Pada Siswa KelasI SDN 03 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2009/2010. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Sumantri, Mulyana, dan Permana Johar. 1999. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta
: Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Ditjen Dikti, Debdikbud. Santoso, P. 2009. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta :
Penerbit Universitas Terbuka.
Standar Isi No. 22 tahun 2006 Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pengertian Bahasa Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Undang-Undang tentang Guru dan Dosen tahun 2006.
Zuchdi, Umiyati. 1996/1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta : Depdikbud.
Published
2022-01-12
Section
Articles