PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS 3 SD NEGERI BAGINDA I

  • Windy Oktivia SD Negeri Baginda 1
Keywords: Hasil belajar, Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Tematik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Baginda 1 Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang pada muatan pelajaran Tematik. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada pelajaran Tematik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Baginda 1 dengan jumlah 13 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas III, keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL berpengaruh terhadap hasil belajar tematik siswa kelas III Semester I di SD Negeri Baginda 1 Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang Tahun Pelajaran 2021/2022.

References

Sofyan, Herminarto dkk. (2017). Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : UNY Press.
Omear, Hamalik. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal, Vol. 7 No. 1.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
http://ditptksd.go.id. 2008. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak, (Online) (http://ditptksd.go.id, diakses 28 Desember 2021).
Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan , 43(2), 134-143.
Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.
Published
2022-01-12
Section
Articles