Penerapan Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreaif Siswa Kelas V di SD

  • Sulkifli Sulkifli UPT SDN 28 Pinrang
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif

Abstract

Kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran yang dipengaruhi oleh kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan model problem based learning dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Penelitian dilakukan di kelas V UPT SDN 28 Pinrang tahun ajaran 2020/2021 pada 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes . Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu diawali dengan mengecek segala dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian, selanjutnya melakukan observasi selama pembelajaran berlangsung, dan dilanjutkan dengan memberikan soal tes. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu kemampuan berfikir kreatif siswa siklus I berada pada kategori cukup, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori baik

References

Creswell, J. (2015). Riset Pendidikan Perencanaan Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Gall, M. D., Gall, W.P., & Bong, W. R. (2003). Educational Research: an Introduction (Seventh Edition). New York: Pearson Education, Inc
Rahayu, I. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Sikap Kerja Sama Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di SDN Kencana Indah II. Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(4). 219 – 230.
Suparman. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Journal Bioedukasi. 3(2). 1 – 7.
Published
2022-01-12
Section
Articles