MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS V UPT SD NEGERI 4 MAROANGIN

  • A IRPAN UPT SDN 4 MAROANGIN
Keywords: model problem based learning, pecahan, siswa kelas v, aktiivitas dan hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika materi operasi pecahan perkalian pada siswa kelas V UPT SDN 4 Maroangin. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V UPT SDN 4 Maroangin Kab. Enrekang pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 16 orang. Pada pra siklus persentase  keaktifan belajar sebesar 50% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 50%, siklus I keaktifan kelas meningkat menjadi 72,9% dengan ketuntasan klasikal sebesar 75% dan siklus II mengalami peningkatan keaktifan sebesar 90% dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%. Pada pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik masih 56,5 dengan ketuntasan klasikal 50%, pada siklus I meningkat menjadi 75 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75%, pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 85,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93%. Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi operasi pecahan perkalian di kelas V UPT SDN 4 Maroangin Kab. Enrekang pada tahun pelajaran 2020/2021.

References

Adnan, Moh Sururi “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kenampakan Alam dan Kenampakan Buatan pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V MI Matholi’ul Falah Geneng Kab Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015.”

Amir, Taufiq , Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Kencana, 2009

B. Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Heruman, Model Pembelajaran Matematika, Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2007

Hosnan, M, dan Hartini Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam Pembelajarn Abad 21, Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.

Rusmono, Strategi Pembelajaran Problem Based Learning, Bogor:Ghalia Indonesia, 2012

Suwandi dan Sarwiji, Penelitian Tindakan Kelas, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010

Tampubolon, Saur, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuwan, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2013.

Widoyoko, Eko Putro, Penialian Hasil Pembelajaran di Sekolah, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Published
2022-01-12
Section
Articles