Pemanfaatan Gubahan Lagu dalam Pembelajaran Tematik di Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 2 Rawaheng

  • Sukesi Sukesi SDN 2 RAWAHENG
Keywords: Gubahan lagu, pembelajaran tematik, media belajar

Abstract

Karakteristik peserta didik Sekolah Dasar salah satunya ialah senang bergerak dan bermain. Mereka ialah pembelajar yang aktif mencari informasi agar mengerti dan memahami. Pembelajaran yang kreatif dan menarik akan menumbuhkembangkan kecerdasan majemuk peserta didik. Hal tersebut menuntut guru agar kreatif mengelola pembelajaran. Rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran tematik materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup melatarbelakangi penelitian ini. Media belajar gubahan lagu digunakan untuk menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi. Lagu sebagai sarana pengembangan motorik peserta didik tentunya sangat digemari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pemanfaatan media belajar gubahan lagu pada pembelajaran tematik materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Penelitian dilaksanakan di kelas III SDN 2 Rawaheng dengan jumlah peserta didik 33 orang, terdiri dari 19 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media belajar gubahan lagu efektif dalam menumbuhkembangkan kemampuan peserta didik dalam mengkonstruksi pembelajaran tematik materi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup. Antusiasme peserta didik yang tinggi, terlihat dari suasana yang menyenangkan dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Prosentase peserta didik yang medapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimum setelah penerapan gubahan lagu dalam pembelajaran sebanyak 93% dari 33 peserta didik.

References

Azimah, Nur dan Udi Utomo. (2018). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Lagu-Lagu Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Seni Musik Vol. 1: 25.
Feiman, Sharon. (1973). “ Models of Teaching Bruce Joyce , Marsha Weil .” The School Review.
Gardner, Howard. (2013). Multiple Intelligences, Kecerdasan Majemuk Teori dalam Praktik. Tangerang Selatan: Interaksara.
Hadisi, La dan Wa Muna (2015). Pengelolaan Teknologi Informasi Dalam Menciptakan Model Inovasi Pembelajaran ( E-Learning ). Jurnal Al-Ta‟di, Vol. 8 No. 1, Januari- Juni.
Hartiningsih S, 2015, Revitalisasi Lagu Dolanan Anak Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini, Atavisme 18(2): 247—259
Kadir, Abdul dan Hanun Asrohah. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Meliyani. (2009). Penggunaan Media Lagu Grup Vocal Sakha dalam Pembelajaran Menulis Puisi. Skripsi FPBS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Nola, Eliza Dwi Putri dan Desyandari. (2019). Penggunaan Media Lagu dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 1 No.3.
Ormrod, Jeanne Ellis. (2008). Psikologi Pendidikan Membantu Peserta didik Tumbuh Dan Berkembang Edisi Keenam Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
P.D, Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif.Pdf.
Prajnamita, 2010, Pengaruh Musik Terhadap Kecerdasan Otak, http:prajnamitamanindhya.blogspot.co.id, diakses 28 November 2021.
Ratminingsih, N.M.& Budasi, I G. (2014). Pengembangan media audio pembelajaran bahasa Inggris berbasis lagu kreasi di kelas lima sekolah dasar. Laporan Penelitian. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Susanti DW, Rohmah FA, 2011, Efektivitas Musik Klasik Dalam Menurunkan Kecemasan Matematika (Math Anxiety) Pada Peserta didikKelas XI, Jurnal Humanitas VIII(2): 129-142
Tsuchiya N, Adolphs R. (2007). Emotion and Consciousness. Trends in Cognitive Sciences;11:158–167
Utomo, Udi dan Syahrul Sinaga.(2009) Pengembangan Materi Pembelajaran Seni Musik Berbasis Seni Budaya Berkonteks Kreatif, Kecakapan Hidup, dan Menyenangkan bagi Peserta didik SD/MI .Harmonia. Vol 9(2).
Wadyo.(2009). Musik as an integrated education tool for preschool student. Harmonia. Vol. 15 (2): 144.
Wardani, D. A., (2010) Analisis Lagu Anak Terhadap Minat Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 Sdn 2 Banyuurip Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung
Zuriah. (2003). Penelitian Tindakan Dalam Bidang Pendidikan Dan Sosial. Malang: Banyu Publishingzuriah
Published
2022-01-12
Section
Articles