PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PKN MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STRUKTURAL

  • ARIF RAHMAN SIDIK SDN Jatiwaras
Keywords: PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi siswa dalam mendeskripsikan perilaku cinta tanah air, berdasarkan hasil refleksi perencanaan pembelajaran tidak runtut mengacu kepada silabus KTSP, pelaksanaan pembelajaran terkesan monoton, aktivitas siswa kurang, siswa tidak berani mengungkapkan gagasan, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan perencanaan pembelajaran yang runtut mengacu kepada KTSP, strategi belajar menggunakan Kooperatif dengan model struktural dalam dua siklus tindakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode penelitian mengadopsi PTK model Kemmis & Tagart dua siklus tindakan, tiap siklus tindakan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam mendeskripsikan perilaku cinta tanah air dapat dicapai dengan Kooperatif model struktural. Siklus yang pertama berhasil meningkatkan kinerja guru dalam merencanakan pembelajaran kategori baik 70% meningkat menjadi 92,50% dengan kategori sangat baik, kinerja guru dalam melaksanakan pembeajaran siklus I mencapai 63,33 % dengan kategori berhasil meningkat pada siklus II menjadi 82,50 % dengan kategori sangat baik, aktivitas siswa siklus I mencapai 46.66% dan meningkat pada siklus II menjadi 87%. Demikian pemahaman siswa pada siklus I mencapai rata-rata 6.96 meningkat pada siklus II menjadi 8,84. Dengan demikian model Kooperatif model struktural berhasil meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan prestasi belajar siswa.

References

Badeni, (1998), Kooperatif Dalam Konteks Pendidikan. Jakarta: Rineka Cpta
Hamid Hasan, S. (1991), Model Pembelajaran, Makalah dalam penataran Dosen PGMTS
Hopkins, David (1993), A. Teacher Guide to Classroom Research, Second Edition : buckingham – Philadelphia : Open University Press.
Wiyono (1995), Hakikat Karakteristik Bidang Studi PKN, Makalah, Jakarta Depdikud Dirjen Dikti – PPPMTK BP3GMTS
Noeman Somantri, Mohammad, (1993), Masalah Pendidikan PKN : Antara Tradisional dan Pembaharuan, Jurnal Pendidikan, Edisi I (1996), Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Edisi.
Published
2022-01-12
Section
Articles