MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SD

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA SD

  • Nanik Indiyati Erlita Efendi SD Negeri Kembangkuning 2
Keywords: Peningkatan, Hasil belajar, Problem Based Learning, IPA

Abstract

Abstrak. Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA mengunakan model pembelajaran  Problem  Based Learning pada siswa kelas III SDN Kembangkuning 2. Adapun Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kembangkuning 2 yang berjumlah 16 siswa.  Desain  Penelitian Tindakan Kelas   meliputi perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa sebesar 72,5 % pada siklusI dan meningkat sebesar 82,5 % pada siklus II.  Hasil belajar siswa siklus I mendapatkan 72,5 % dan termasuk dalam kategori aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan keaktifan siswa sebesar 15 %, sehingga keaktifan menjadi 85 % dan termasuk dalam kategori sangat aktif. Peningkatan Hasil belajar dapat dilihat pada hasil tes siswa. Hasil belajar pada silkus I nilai rata-rata kelas sebesar 77,5 dengan ketuntasan 75% sedangkan di akhir siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,12 dengan ketuntasan mencapai 93,75%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil  belajar siswa.

References

Hamalik, Oemar. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Kembangkuning 2 dan SDN Windusari 1 Kabupaten Magelang . Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.
Hernawan, Asep Hery. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Masidjo, Ign. (1995). Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Yogyakarta : Kanisius. Mudjiono. Dimyati. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Published
2022-01-12
Section
Articles