Peningkatan Kemampuan Menulis Cerita Melalui Pemanfaatan Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III SD Islam Rumpun Muslim Jatisrono

  • Samsul Arifin SD Islam Rumpun Muslim Jatisrono

Abstract

Kemampuan menulis cerita siswa sekolah dasar di Indonesia pada umumnya masih  rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  kemampuan menulis cerita menggunakan media gambar seri. Gambar   seri adalah kumpulan beberapa gambar yang saling berhubungan makna antara gambar satu dengan yang lainnya. Gambar-gambar tersebut membentuk suatu cerita apabila dipadukan dan diurutkan secara sistematis sehingga menjadi urutan cerita atau karangan yang   bermakna dan memiliki arti. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli hingga September 2021. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas III SD Islam Rumpun Muslim Jatisrono Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri. Jumlah siswa sebanyak 8 yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 5 perempuan. Jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa nilai hasil belajar siswa dalam menulis cerita.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, dan tes. Dokumentasi yang dipakai berupa pengumpulan data hasil belajar menulis cerita pada saat belum  dilakukan tindakan (kondisi awal). Observasi berisi catatan yang menggambarkan bagaimana keterampilan siswa dalam pembelajaran   menulis cerita. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan dasar dan   pencapaian atau hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah  ada peningkatan kemampuan menulis cerita pada pembelajaran yang menggunakan media gambar seri.

References

Arsyad, Ashar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008. https://pengertiandefinisi.com/pengertian-media-dan-beberapa-jenis-media/ diunduh pada tanggal 2 Agustus 2021 pukul 16.30 WIB
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran “Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran”. Yogyakarta: Gava Media.qib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Hopkins,1993. Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud LPTK.Jakarta Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan
Mahsun. (2012). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Rajawali Pers.
Maryulin, Eni. Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan, 2012.
Muharoma, Y.P., & Wulandari D., (2014). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Powerpoint untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA. Joyful Learning Journal. 3, (2).
Muhson, A., K. Baroroh dan Mustofa. (2012). Pembuatan media pembelajaran interaktif dengan microsoft power point. (Online). (http://ejournal.unesa.ac.id/inde x.php/bioedu. Diakses tanggal 2 Agustus 2021.
Mulyawan, D. (2013). Pengaruh Penggunaan Microsoft Powerpoint. (Online). (http://danimulyawan.38.blogspot.c om/2013/01/jurnal-pengaruhpenggunaan- microsoft.html. 2 Agustus 2021.
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Arsyad, Ashar, Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Published
2022-01-12
Section
Articles