PENGGUNAAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VI SDN 4 CIKAOBANDUNG

Indonesian

  • Ida Noviliawati SDN 4 Cikaobandung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran PBL pada siswa kelas VI (Enam) SDN 4 Cikaobandung yang berjumlah 11 siswa, yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan urutan : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I sampai siklus II. Dimana hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 72,73 % dan pada siklus II hasil belajar siswa meningkat menjadi 84,54 %. Dan tingkat keaktifan siswa pada siklus I adalah 72 % sedangkan tingkat keaktifan siswa mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 85 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI (Enam) SDN 4 Cikaobandung.

References

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta
Suyadi. (2014). Efektifitas pengembangan perangkat pembelajaran prosedur pemahaman konsep yang di modifikasi dalam pembelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.4 no 1. Februari 2015
Arikunto, Suharsimi (2012). Penelitian Program Pendidikan Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud Dikti
Hartini, S. (2019). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Motif Berprestasi Peserta Didik: Studi di SDN Karangpucung 04 dan SDN Karangpucung 05 Kabupaten Cilacap. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 3(1), 71-76.
Maharani, Desta .O., & Kristin F. (2017). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Wacana Akademika majalah ilmiah pendidikan ,6 juni hal 29.
Rusman (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Siswantara. Agus. (2013). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA melalui penerapan model PBL Siswa kelas VI SD Jurnal penelitian Vol 2 No. 1 2013
Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.
Undang – Undang Republik Indonesia No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Kurikulum 2013 SDN 4 Cikaobandung Tahun 2021
Published
2022-01-12
Section
Articles