PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 2

  • Irmawati Irmawati SDN 032 Inpres Sumarang

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 032 Inpres Sumarang khususnya pada materi fungsi organ pernapasan manusia. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat materi, siswa tidak aktif berpartisipasi dalam pembelajaran baik bertanya maupun berpendapat, dan siswa cenderung menghafal materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas V Tema 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengambilan data dari penelitian ini adalah menggunakan observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas V Tema 2. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian bahwa pada kondisi awal nilai rata-rata sebesar 60,1 dan 4 orang siswa atau 33,3% yang berada dalam kategori tuntas, sedangkan skor rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran PBL pada siklus I menjadi 72,1 dan 8 orang siswa atau 66,7% dalam kondisi tuntas, kemudian pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82,5dan ketuntasan belajar menjadi 12 siswa atau 100%.

References

Bundu, Patta. (2008). Asesmen Pendidikan. Padang: Hayfa Presss
Jihad, Asep. ( 2013). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Presindo
Haryanto. (2006). Sains Sekolah Dasar Kelas V. Jakarta: Erlangga.
Khaeruddin, dkk. (2005). Pembelajaran Sains (IPA) berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. State University Makassar Pers: Universitas Terbuka.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (2006). Mata pelajaran IPA untuk Tingkat SD/MI. Jakarta Depdiknas.
Komalasari, Kokon. (2013). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT Refika Aditama.
Mulyasa, (2008). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mudyahardjo Redja. (2001). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rajagravindo Persada.
Mudjiono dkk. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Samatowa, (2006). Bagaimana Membelajarkan IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas. Direktorat Jenderal.
Sanjaya Wina. 2016. Strategi Pembelajaran. Jakarta:Prenadamedia Group..
Published
2022-01-12
Section
Articles