EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

  • Revy Rivan Musthafa Al-Maraghy SDN Cibabat Mandiri 3

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Discovery Learning dan untuk mendeskripsikan pelaksanaan serta peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran tematik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan Model Kemmis and Taggart melalui dua siklus. Data dianalisis dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran tematik dengan model pembelajaran Discovery Learning telah dirancang dengan sistematis dan sesuai dengan kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, pelaksanaan pembelajaran pun berlangsung dengan baik dan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan selama penelitian. Hal tersebut dapat terlihat pada rata-rata dan ketuntasan belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I yaitu 60% meningkat menjadi 93,3% pada siklus II. Diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran Discovery Learning agar hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dapat meningkat. Dan guru pun perlu meningkatkan profesionalitas dan kreativitas dengan memberikan inovasi dalam pembelajaran sehingga kualitas pembelajaran dapat meningkat.

References

Cahyo, Agus N. (2013). Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogjakarta: Diva Press.

http://www.ilawati-apt.com/cara-meningkatkan-hasil-belajar/. Diunduh 01 Juli 2020 pada pukul 13.00.

Ilahi Takdir Mohammad. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Yogyakarta: Diva Press.

Kemdikbud. (2013). Permendikbud No. 53 Tahun 2015 Pasal 4. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa , Vol. 2, No. 1 (90-98).

Kunandar. (2008) Langkah Mudah PTK sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Kunandar. (2014). Penilaian Autententik (Penilaian Hasil Belajar Pesdik Berdasar Kurikulum 2013) . Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada.

Kusumah, D. (2009) Mengenal PTK Edisi Kedua. Jakarta: PT Indeks.

Mulyasa, E. (2010) Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2014). Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. (2009) KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Malang : Bumi Aksara.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Windarti, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran Tematik Kelas 4 Sd. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa Vol. 1 No. 1 (150-155)
Published
2022-01-12
Section
Articles