PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 7 LANNE KABUPATEN PANGKEP

  • Baso Tauhid SD Negeri 7 Lanne

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI SD Negeri 7 Lanne Kabupaten Pangkep. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VI SD Negeri 7 Lanne  yang berjumlah 10 orang. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah tanya jawab, demonstrasi, dan penugasan, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan TPACK.  TPACK menarik untuk dilihat dan sangat membantu  siswa untuk lebih fokus dan memahami. Model pembelajaran problem based learning sangat cocok diterapkan pada siswa untuk memotivasi mereka belajar, karena jarang ditemui sistem pembelajaran yang menggunakan model problem based learning selama pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan tes hasil belajar pada akhir siklus I dan tes akhir siklus II, serta dengan menggunakan lembar observasi, angket/jawaban siswa, dan pertanyaan reflektif yang akan dijalankan dari siswa. Hasil belajar pada siklus II terdapat 90% peserta didik mencapai nilai KKM hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah fokus menemukan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan membantu siswa berpikir kritis ketika memecahkan masalah.

References

Anugraheni, I. (2017). Penggunaan Portofolio dalam Perkuliahan Penilaian Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 3(1), 246-258
Arista, Khoirul. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Tanggung Jawab dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2, 195–196.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (GI) dan Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230.
Devita, Sasamu. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD. Inpres Lahendong. Jurnal: Portal Garuda, 3, 1–2.
Mustamilah. (2015). Peningkatan keterampilan proses dan hasil belajar menggunakan model. Scholaria, 5(No.2), 70–79.
Rahmadani, Normala. N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelasa 4 SD. Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3, 249–250.
Shalilah, D. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Inquiry bagi Siswa Kelas IV SDN Kebonagung Mojokerto. JPGSD. Volume 02 Nomor 03.
Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Published
2022-01-12
Section
Articles