PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V SDN 1 SINGOROJO

  • Ulil Abshoriza SDN 1 SINGOROJO

Abstract

Penelitian  ini  didasari oleh masalah yang terjadi pada  pembelajaran      IPA ditunjukkan dengan perolehan nilai siswa yang berada di bawah KKM (70) sebanyak 14 siswa atau 52%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi penggolongan hewan berdasarkn jenis makanannya melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  siswa kelas 5 SDN 1 Singorojo Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara pada Semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi sesuai dengan model penelitian menurut Kemmis dan Mc Taggart, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SDN 1 Singorojo yang berjumlah 27 siswa.Teknik pengumpulan yang dilakukan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif  komparatif  yaitu  dengan  membandingkan  hasilbelajar  dari  kondisi awal, siklus I dan siklus II.Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa langkah- langkah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar. Model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar, hal ini dapat terlihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas 48%  pada kondisi awal menjadi 59% pada siklus I dan 81% pada siklus II. Pada kondisi awal, siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 siswa (48%). Pada siklus I meningkat 16 siswa (59%) dan pada siklus II 22 siswa (81%). Penelitian  dikatakan  berhasil  karena  sudah  mencapai  indikator  keberhasilan yaitu 80 persen siswa tuntas dengan KKM ≥70.

References

DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsumi. 2010. Penelitian Tindakan Kekas Untuk Guru, Kepala Sekolah, dan
Pengawas. Yogjakarta. Aditya Media.
Atmojo, S. E. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pengelolaan Lingkungan. Jurnal Kependidikan , 43(2), 134-143.
Bungel, M. F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IIIIII SMP Negeri 4 Palu Pada Materi Prisma. Jurnal Elektronika Pendidikan Matematika Tadulako , 2(1), 47-53.
Hanifah, N. (2016). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: UPI Press.
Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru
Jakarta: Rajawali Pers.
Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains KontruktVistik. Yogyakarta: Rajawali Pers.
Sadirman, A. M. 2011. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali.
Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.
Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA teori dan Praktik. Bandung: Rizqi Press.
Usman, M. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dayeni, Fitri, Sri Irawati, And Yennita Yennita. 2017. “Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 1 (1): 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35.
Published
2022-01-12
Section
Articles