PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI SIFAT – SIFAT BENDA CAIR SISWA KELAS 4 SDN 2 NGLAWAK

  • Yuhanna Liarozi Anggreini PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Abstract

Artikel ini memuat tentang hasil penerapan metode pembelajaran melalui Eksperimen dalam meningkatakan pemahaman siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Sifat – Sifat Benda Cair pada siswa kelas 4 SD Negeri 2 Nglawak. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dan 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa. Indikasi adanya dampak yang baik terhadap hasil belajar adalah adanya kenaikan rata-rata skor dari nilai siswa yang sebelumnya mencapai 70,6 meningkat menjadi 81,8. selain itu dampak tersebut dapat dilihat dari hasil nilai tes evaluasi pada siklus I mencapai 52,94%, meningkat pada siklus II menjadi 82,35%. Hal tersebut dapat dibuktikan dari pencapaian guru dalam menerapkan metode eksperimen, untuk dampak terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari semakin meningkatnya berbagai komponen aktivitas belajar siswa mulai dari komponen keaktifan, kerjasama, mengeluarkan pendapat, dan bertanya menunjukkan adanya peningkatan yang cukup baik dari siklus I dan II.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi : Jakarta. Departemen Pendidikan Nasional. UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Bandung: Citra Umbara.

Arikunto, S. 2013.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Mansur Muslich. 2009. Melaksanakan PTK itu mudah (Clasroom Action Research). Cet. ke-2. (Jakarta: Bumi Aksara).

Andayani,dkk.2009.PDGK4501.Jakarta, Universitas Terbuka

Burhanuddin, TR. 2010.Pendekatan, Metode, dan Teknik Penelitian Pendidikan.Purwakarta:
Universitas Pendidikan Indonesia.

Budi Wahyono, Setya Nurachmandani. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4 Untuk SD/MI Kelas
IV, Jakarta : Pusat Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Haryanto. 2004. Sains 4, Jakarta : Erlangga

Hatimah, I. Sadri. 2008.Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rosytawaty. S, Muharam Aris.2008. Ilmu Pengetahuan Alam 4SD/MI Kelas IV, Jakarta: Pusat
Pembukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Published
2022-01-12
Section
Articles