PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD

  • corry novita dewi br bukit UPT SPF SD NEGERI 101816 PANCUR BATU

Abstract

Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 101816 Pancur Batu. Objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran IPA dengan penerapan model Problem Based Learning yang dilaksanakan dalam 2 siklus Peningkatan ini terbukti pada peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa dari skor rata-rata kelas pratindakan sebesar 64,82 menjadi 72,06 pada siklus I dan meningkat menjadi 82,06 pada siklus II. Hasil observasi aktifitas yang berhubungan dengan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat antara lain: siswa lebih semangat dalam pembelajaran, siswa lebih kreatif karena didukung alat peraga yang memadai, semua siswa aktif dalam proses pembelajaran.

 

References

Arends, Richard I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Ratna dan Pratiwa Pujiastuti. 2016. Pengaruh PBL terhadap Ketrampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif IPA pada SD. Yogyakarta: Jurnal Prima Edukasi. Vol 4. No.2 (186-197).
Huda, Miftahul. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Purwanto, Ngalim. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Majalengka: Nusa Media.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group .
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Wulandari, Eni dkk. 2012. Penerpan Model PBL (Problem Based Learning) pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal: FKIP-Universitas Sebelas Maret.
Published
2022-01-12
Section
Articles