PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V

  • syapruddin Ahmad SD 69 Batutiroa

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas  V SDN 69 Batutitiroa Kecamatan Sinoa Kabupaten Bantaeng. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 69 Batutitiroa Kecamatan Sinoa Kabupaten Bantaeng dengan jumlah siswa sebanyak 15. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas guru dan peserta didik serta kemampuan berpikir kritis peserta didik.Padasiklus I aktivitas guru dan peserta didik berada pada kategori cukup (C), siklus II kategori baik (B).Kemampuan berpikir kritis pada siklus I dikategorikan cukup (C) dan pada siklus II kemampuan berpikir kritis meningkat dengan kategori baik (B).

Key wordsPembelajaran Berbasis Masalah, keterampilan berpikir kritis

References

Anggriani.Fenty. 2014. Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS KelasIV SD Inpres I Margapura, (Online), vol. 4 No. 5,
Harlinda, Fatmawati. Mardiyana, danTriyanto.2014. Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matermatika Berdasarkan Polya pada Pokok Bahasan Permasalahan Kuadrat, (Online).Vol. 2 No. 9,
Kartimi, dan Liliasari. 2012. Pengembangan Alat Ukur Berpikir Kritis Pada Konsep Termokimia Untuk Siswa SMA Peringkat Atas dan Menengah, (Online), Vol. 1 No. 1.
Pudjiastuti, Ari, Elly Arliani dan Yudi Yanuar. 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Sekolah Dasar Terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengembangan Soal Kelompok Kompetensi E. Jakarta: Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2022-01-11
Section
Articles