PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS I SD NEGERI 2 MOJONG KAB.SIDRAP

  • MELINDA A SDN 2 MOJONG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I UPT SD Negeri 2 Mojong Kabupaten Sidrap. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas I UPT SD Negeri 2 Mojong Kab.Sidrap pada semester genap 2020/2021 yang berjumlah 11 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 63 dan nilai tertinggi 80 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69 dimana dan standar deviasinya 5,369. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 69 dan nilai tertinggi 90 dengan skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77 dan standar deviasinya 5,615. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 37,5% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 87,5%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkkan hasil belajar siswa.

References

Amir, M. Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Bagaimana Pendidik Memberdayakan pemelajar di Era Pengetahuan.Jakarta:Kencana.

Hosman. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstektual dalam pembelajaran Abad 21. Jakarta : Ghalia Indonesi.

Kemendikbud 2014 . Menteri Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2014. Jakarta : Badan Pengembangan Sumber daya manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan.Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil proses Belajar Mengajar .Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP). Jakarta : Kencana.


Wena. Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta : Bumi Aksara.

Sahin, Mehmet and Yorek Nurettin 2009. A Comparison of problem-based learning and traditional lecture students’ expectations and course grades in an introductory physics classroom : Academic Journals. Scientific Research and Essay Vol 4 (8), pp. 753-762
Published
2022-01-11
Section
Articles