PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III

  • ramandani diah rahayu sd negeri 1 purbalingga lor

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas III SD Negeri 1 Purbalingga Lor Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah  (Problem Based Learning) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas III. Sample yang digunakan untuk penelitian berjumlah 12 siswa. Pengolahan data hasil penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan karakteristik berpikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 12 siswa pada siklus I terdapat 4 (33,33%) siswa yang dapat berpikir secara kritis, sedangkan 8 (66,67%) siswa yang lain masih kurang kritis. Sedangkan pada siklus II menunjukan terdapat 9 (75%) siswa yang dapat berpikir kritis, sedangkan 3 (25%) siswa masih kurang kritis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Eggen, Paul & Kauchack, Don. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran: Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: PT. Indeks.
Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang: Pustaka Pelajar.
Isbadrianingtyas, N., Hasanah, M., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 901–904.
Rakhmasari, Rifa. 2010. Pengaruh Hands on Activity dan Minds on Activity dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Diunduh 26 April 2020 dari http://repository.upi.edu/operator/upload/s_d0151_0605563_chapter 2.pdf
Kemendikbud (2013b). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.
Rusman, (2011). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Lau, J.Y.F. (2011). An Introduction to Critical Thinking and Creativity. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Published
2022-01-14
Section
Articles