Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kelas VI.A SDIT Wahdah Islamiyah Kab.Bulukumba

  • Rista wati SDIT Wahdah Islamiyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL).Subjek pada penelitian ini berjumlah 21 orang yaitu siswa kelas VI.A Wahdah Islamiyah Kab.Bulukumba.Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah data tentang kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan metode observasi dan tes. Model Pembelajaran Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam memecahkam masalah secara nyata sehingga dapat meningkatkan motivasi dan rasa ingin tahu serta dapat mengembangkan cara berpikir kritis dan keterampilan yang lebih tinggi.Penerapan model Probem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah yaitu pada siklus I baik pada aktivitas guru dan peserta didik maupun observasi keterampilan berpikir kritis peserta didik. Hal itu dapat dilihat dari setiap siklus hasil observasi aktivitas guru dan observasi sikap peserta didik. Maka, peserta didik mengalami perkembangan sikap percaya diri. Hasil observasi aktivitas guru dan peserta didik pada siklus I masih berada pada kategori cukup, pada siklus II berada pada kategori baik. Hasil observasi sikap siklus I masih berada pada kategori cukup, sedangkan pada hasil observasi sikap siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Problem Based Learning dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah terhadap peserta didik kelas VI.A SDIT Wahdah Islamiyah Kab.Bulukumba

References

Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Budhayanti, Clara Ika Sari. 2008. Pemecahan Masalah Matematika. Direktorat Jendral Pendidikan tinggi
Ismiyati. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Kauman Kidul Salatiga Semester 1 Tahun Pelajaran 2015/2016.
Khalik, Abdul. 2009. Modul Penelitian Tindakan Kelas. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Rahmadani, Normala. N. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelasa 4 SD. Scholaria:Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3, 249–250.
Sabah, Akbar. K. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) pada siswa Kelas 5 SD Negeri Ledok 04 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Semester 2 Tahun Pelajaran 2012/2013.
Slameto. (2011). Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Semarang: Widya Sari Press.
Suprihatiningrum, J. (2014). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Suwangsih E., & Tiurlina. (2018). Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Upi Press.
Budhayanti, Clara Ika Sari. 2008. Pemecahan Masalah Matematika. Direktorat Jendral Pendidikan tinggi
Published
2022-01-14
Section
Articles