PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MEDIA KARTU KATA PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 UPT SPF SDN 86 LONGI

  • tuti sugiarti sugiarti UPT SPF SDN 86 Longi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata dan peningkatan keterampilan membaca permulaan dengan media kartu kata. Objek penelitian ini yaitu siswa-siswi Kelas 1 UPT SPF SDN 86 Longi. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata hasil membaca dari 70% menjadi 85%. Dari 16 siswa terdapat 13 siswa yang sudah tuntas membacanya, sedangkan 3 siswa yang lainnya masih belum tuntas. Apabila dipersentasekan 85% siswa sudah tuntas, sedangkan 15% siswa masih belum tuntas. Selain itu aktivitas siswa saat menggunakan media kartu kata mengalami peningkatan pada tiap siklus. Siklus I nilai rata-rata pertemuan pertama dan kedua yaitu 70,45 sedangkan pada siklus II nilai rata-rata pertemuan pertama dan kedua yaitu 87,58. Aktivitas siswa dalam pembelajaran permulaan dengan media kartu kata dapat digolongkan sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa Kelas 1 UPT SPF SDN 86 Longi.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas.2006. Standar Isi Satuan Pendidikan sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: KKPS Kabupaten Malang
Mulyasa. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan. Implementasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Patty, R. 2015. Pengembangan Model Induktif Kata Bergambar pada Pembelajaran Menulis Permulaan di Kelas II SD. Jurnal Sekolah Dasar. 26(2): 34-45
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyoningsih, Y. 2008. Penggunaan Alat Permainan Kartu Kata Bergambar untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Trewung Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.
Slameto. (2015). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Cetakan. Keenam. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sukidin, Basrowi & Suranto. 2008. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendikia.
Tarigan, H.G (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.
Zuchdi & Budiasih. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi dan Proyek Pengembangan Guru Sekolah Dasar.
Published
2022-01-14
Section
Articles