PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN KERJA KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V

  • JULIANTI JULIANTI SD NEGERI NO. 100705 SIPENGGENG
Keywords: Metode Demonstrasi, Kerja Kelompok, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA. Penggunaan strategi yang monoton, yaitu ceramah yang disertai sedikit tanya jawab dalam menyajikan materi pelajaran oleh guru kelas IV SDN 100705 Sipenggeng, mengakibatkan peserta didiknya kurang memahami pembelajaran IPA dengan tentang Gaya, sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan suatu pembelajaran yaitu dengan metode demonstrasi dan kerja kelompok. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA.Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus I, siklus II, dimana setiap tindakan diamati melalui lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan, metode demonstrasi dengan pembagian kelompok dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA khususnya kelas IV SDN 100705 Sipenggeng. Dari hasil yang diperoleh dari penelitian siklus I nilai rata-ratanya 71,5 dan siklus II nilai rata-ratanya 83,8.

References

Ahiri, J. 2007. Evaluasi Pembelajaran dalam Konteks KTSP. Penerbit Unhalu Press. Medan.
Arifin, M. 1995. Pengembangan Program Pengajaran Bidang Studi Kimia Airlangga UnVersitas Press. Surabaya.
Arikunto, S. 2007. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bumi Aksara. Jakarta.
Arsyad, A., 2002. Media Pembelajaran. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Asrun, 2008. Hasil Belajar Peserta didik pada Pokok Bahasan Sistem Gerak pada Manusia dan Vertebrata Melalui Model Pengajaran Langsung dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jig Saw (Studi Pada Kelas VIII SMP Negeri 3 Sampara). Skripsi Pendidikan Biologi FKIP Unhalu. Medan.
Budimansyah, D., 2002. Model Pembelajaran dan Penilaian Portofolio, PT. Genesindo: Bandung
Emildadiany, N. 2008. Penerapan Model CooperatVe Learning Teknik Jigsaw. Http://akhmadsudrajat.wordprees.com/2008/07/31/cooperatVe-learning-teknik-jigsaw/[juli 31,2008].
Ghasali, S. 2002. Menerapkan Paradigma KonstruktVisme melalui Strategi Belajar Kooperatif dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran, www.ditnaga-dikti.org/ditnaga/files/pip/kooperatif.pdf Fakultas Sastra, UnVersitas Negeri Malang. [ vol. 9, No. 2, Oktober 2002: 115 – 131].
Published
2022-01-12
Section
Articles