PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS III MATERI HAK DAN KEWAJIBAN DI UPT SPF SD INPRES PACCERAKKANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • MAUIDATUL ULYA ADRI UPT SPF SD INPRES PACCERAKKANG
Keywords: Make A Match, , Hasil Belajar,Hak dan Kewajiban

Abstract

Abstrak. Artikel ini memuat hal yang terjadi di kelas III UPT SPF SD Inpres Paccerakkang pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Hak dan Kewajiban guru yang mengelola pembelajaran menyadari sepenuhnya bahwa dalam pembelajaran masih terdapat banyak kekurangan, hal itu bisa dilihat dari hasil evaluasi akhir pembelajaran menghasilkan nilai yang tidak memuaskan, 65% peserta didik belum bisa membedakan Hak dan Kewajiban. Adapun permasalahan yang akan dikaji adalah Bagaimana pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan Bagaimanakah penggunaan metode Make A Match dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas III UPT SPF SD Inpres Paccerakkang materi Hak dan Kewajiban. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Make A Match dengan tujuan dapat melakukan perbaikan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan mengimplementasikan penggunaan metode Make A Match dalam pemecahan masalah yang terjadi pada bidang pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Hak dan Kewajiban. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini sangat terlihat dengan adanya peningkatan persentasi keberhasilan peserta didik yaitu pada siklus I sebesar 65,69% dan pada siklus II sebesar 73,89%, sedangkan pada nilai pra siklus sebesar 59,58%. Berdasarkan hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan materi Hak dan Kewajiban dengan tempat penelitian di UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.

References

Dimyati & Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Edisi : 2. Jakarta : PT Indeks.

Permana ,dkk, 2004, Metode Belajar Mengajar, Bandung
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruminiati. 2008. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rusyan, Tabrani. 1993. Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bima Budaya.
Sudjana, Nana. 2004. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Published
2022-01-12
Section
Articles