Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik

  • Ettie Nurhayatie SMP Islam Al Mukarram Long Ikis
Keywords: problem based learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  peningkatkan hasil belajar IPA pada materi  Sistem Peredaran Darah pada Manusia dengan model pembelajaran problem based learning (PBL) di kelas VIII Al Karim SMP Islam Al Mukarram Long Ikis Kabupaten Paser Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi  untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi . Sampel penelitian terdiri dari 15  orang peserta didik. Instrumen berupa tes dalam bentuk pilihan berganda  sebanyak 20 soal dengan 4 pilihan dan uraian sebanyak 10 soal pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Pembelajaran dilakukan dengan dua siklus serta setiap pembelajaran dilakukan pre-test dan post-test. Peningkatan presentasi N-Gain pada siklus I: 63,9% (kategori sedang) dan siklus II: 81,3% (kategori tinggi). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPA peserta didik SMP Islam Al Mukarram Long Ikis pada materi Sistem Peredaran Darah pada Manusia.

References

Ahyar, R., Lufri dan Sumarmin, R. (2014). Pengembangan Multimedia Pada Materi Struktur Dan Fungsi Organ Manusia Untuk Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas. Jurnal Biologi Education. Vol. 1, No.1.
Arends, R. I. (2011). Learning to Teach, (terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kusuma, W dan Dwitagama, D. (2012). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka
Prima. C., & Heni, R.,(2015), Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa. Jurnal Pendidikan IPA, vol 16. No 1.
Rerung, N., Iriwi, dan Widyaningsih, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi.Vol 6. No. 1.
Sani. A., Rizka & Sahyar. (2016), Analisis Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Fisika, vol 5. No 2.
Simanjuntak, M. P., Siregar, L., dan Lumbangaol, Y. T. (2019). Penerapan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Vol 7 No. 4.
Utrifani, A., dan Turnip, B.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Larning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P.2013/2014. Jurnal Inpafi. Vol 2. No. 2.
Published
2022-01-13