PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Ratna Sartika SMP PLUS ANWARUL HUDA
Keywords: Problem Based Learning, PTK, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning pada materi Kalor dan Perpindahan di kelas VII A SMP Plus Anwarul Huda. Pemilihan judul ini berdasarkan hasil Refleksi pada pembelajaran IPA materi Kalor dan perpindahan di kelas VII A. Rata-rata hasil  belajar peserta didik hanya mendapat  54,5 dan ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 26,6%. Berangkat dari permasalahan tersebut maka harus diadakan tindakan perbaikan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan mengadakan perbaikan proses pembelajaran dalam bentuk siklus yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik yang mencapai 74,54 pada siklus I, meningkat kembali pada siklus II menjadi  77,1, dan meningkat lagi menjadi 83,0 pada siklus III. Ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 72,7%, pada siklus II meningkat menjadi 83,3%, dan meningkat lagi sebesar 100% pada siklus III. Hasil penelitian perbaikan pembelajaran menunjukan bahwa dengan Penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII A SMP Plus Anwarul Huda pada materi kalor dan perpindahannya.

References

Ni, Made. (2008). Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahapeserta didik Jurusan Ekonomi Undiksha. Laporan Penelitian. Hlm. 74- 84.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wina, Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Insani, Aunillah. ( 2018 ). Pengaruh Penerapan PBL ( Problem Based Learning ) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kab. Gowa. Jurnal IPA Terpadu. Diakses pada tanggal 26 Desember 2021 dari http://ojs.unm.ac.id/index.php/ipaterpadu
Syakbaniah, Djamas, D., dan Aini, F. 2014. Pengaruh Integrasi Solution Path Outline (SPO) dalam Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan MIPA tentang Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran MIPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang: Padang.
Published
2022-01-14