PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

  • Pipit Fitriawidi SMP Muhammadiyah 1 Majalaya
Keywords: model pembelajaran, Peningkatan hasil belajar, Model Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA khususnya materi suhu dan perubahannya dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMp Muhammadiyah 1 Majalaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di SMP Muhammadiyah 1 Majalaya untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya materi pokok suhu dan perubahannya. Penyebab kurangnya hasil belajar peserta didik adalah pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan kurang dilibatkannya peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian pada pra siklus peserta didik yang tuntas hanya 9 peserta didik dari 17 peserta didik atau 53%, ketuntasan belajar pada siklus I adalah 11 peserta didik yang tuntas (64%) selanjutnya siklus II adalah 15 peserta didik yang tuntas (88%). Kesimpulannya adalah dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Majalaya pada materi suhu dan perubahannya.

References

Hajar, Nisaul ‘Azmi dkk (2015). Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri Kebakkeramat Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Universitas Sebelas Maret.
Ni, Made. (2008). Penerapan Model Problem Base Learning untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dan Hasil Belajar Teori Akuntansi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Undiksha. Laporan Penelitian. Hlm. 74- 84.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rusmono.(2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor : Penerbit Ghalia Indone.
Wijaya, Agus Fani Chandra (2019). Pembelajaran IPA dan Konsep IPBA. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Wina, Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
https://idarianawaty.wordpress.com/2013/10/16/mata-pelajaran-ilmu-pengetahuan-alam-ipa-smpmts-menurut-kurikulum-2013/
Published
2022-01-14