MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA MATERI LISTRIK DINAMIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS IX SMP 1 SAPTOSARI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

  • ALEX NUR WIDIYANTO SMP N 1 SAPTOSARI
Keywords: hasil belajar, Problem Based Learning (PBL), LKPD

Abstract

Telah dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik materi Listrik Dinamis dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilaksanakan bulan Oktober sampai dengan November 2021, bertempat di SMP Negeri 1 Saptosari kelas IX. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen pekerjaan peserta didik mengerjakan LKPD, daftar nilai dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model  pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tejadi peningkatan. Pada siklus 1 jumlah peserta didik yang terlihat antusias mengerjakan LKPD, berani tampil ke depan kelas dan mendapat nilai ketuntasan 53,3%, siklus 2 sebesar 80,0% dan siklus ke 3 menjadi 93,3 %. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik..

References

Rusmino. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia
Sudarman. 2007.“Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah”. Jurnal Pendidikan Inovasi, Vol. 2, No. 2.
Wijayanto, M. 2009. Tesis: Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dan Cooperative Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2008/2009. Surakarta: UNS.
Ariyana, Yoki; dkk. 2018. Buku Pembelajaran Berorientasi pada Ketrampilan Berpikir Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Amir, M Taufiq. 2012. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media Group.
Zubaidah, S, dll. (2018). Buku siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IX. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Published
2022-01-12