PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH PANGKALAN BUN

  • MARIYATUN MARIYATUN SMP NEGERI 5 PANGKALAN BANTENG
Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPA di kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkalan Bun. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan dilakukan dalam 3 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan non tes, dengan alat pengumpul data berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar test akhir setiap siklus. Prosedur pelaksanaan penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi dalam setiap siklus. TeknikĀ  lembar observasi aktivitas peserta didik menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasilĀ  belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II dan dari siklus II ke siklus III. PersentaseĀ  ketuntasan hasil belajar pada siklus I adalah 33,33 %. Siklus II menjadi 41,67 % dan siklus III menjadi 75 %. Hasil penelitian di atas membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Pangkalan Bun.

References

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: balai pustaka.
Eliyana. (2014). Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling Dan Luas. EJournal UNNES, 3(1).

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.

Sakinah. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Fiqh di Kelas VIII MTs Babun Najah Kota Banda Aceh (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Darussalam Banda Aceh.

Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung; PT Remaja Rosdakarya.

Utrifani, A., dan Turnip, B.M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Kinematika Gerak Lurus Kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P. 2013/ 2014. Jurnal Inpafi. Vol 2. No.2.
Published
2022-01-14