Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik

Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik

  • Widya Wahyunie SMPN 29 Banjarmasin
Keywords: PTK, IPA, motivasi belajar, hasil belajar, model pembelajaran PBL

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia. Penelitian ini dilakukan tiga siklus yaitu secara daring dan luring. Penelitian dilaksanakan di SMPN 29 Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIII A tahun pelajaran 2021-2022. Adapun langkah-langkah kegiatan Praktek Pengalaman Lapangan  yaitu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, bahan ajar, Lembar Kerja Peserta Didik, media pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara observasi dan dokumentasi. Analisis data dapat dilakukan dengan menghitung hasil pengamatan dalam proses pembelajaran. Penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya nilai peserta didik.

 

References

Ariyana, Yoki.,Ari Pudjiastuti.,Reisky Bestari.,dan Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, Suharsimi.,Suhardjono,Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Disdikpora. (2016).”motivasi belajar”,http://disdikpora.bulelengkab.go.id/, diakses pada tanggal 31 Desember 2021 pukul 21.30 wita.

Mulyana, Aina.(2012).”minat belajar”, http://blogspot.com/2012/02/minat-belajar.html, diakses pada tanggal 29 Desember 2021 pukul 12.30 wita.

Sudjana, Nana.(2008). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Published
2022-01-14