MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING SMPN 11 TANJUNGPINANG

  • Ramadhani Kartika SMPN 11 Tanjungpinang
Keywords: model pembelajaran problem based learning, hasil belajar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kompetensi belajar IPA peserta didik baik pada aspek pengetahuan, sikap serta keterampilan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA kelas VII.1 SMPN 11 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2021/2022.

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 Oktober  sampai dengan 01 Desember 2021. Subjek penelitian adalah peserta didik  kelas VII.1 SMPN 11 Tanjungpinang yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini   dibantu oleh 1 orang observer. Data kompetensi sikap diperoleh dengan menggunakan instrument lembar observasi sikap yang meliputi sikap bertanggung jawab, disiplin dan kerjasama. Data kompetensi keterampilan diperoleh dengan menggunakan intstrumen tes praktik, serta data pengetahuan dari nilai tes di akhir siklus.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Peningkatan tersebut dapat terlihat pada masing-masing aspek yang diukur dalam penelitian ini dari siklus 1 ke siklus III. Aspek pengetahuan pada siklus 1 mencapai 70 % ketuntasan, siklus 2 mencapai 75 % ketuntasan dan siklus 3 yang mencapai 95 % ketuntasan serta keterampilan yang mengalami perkembangan yang signifikan dengan bertambah nya peserta didik yang tuntas mulai dari siklus I ke siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kompetensi belajar peserta didik.

 

References

Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta. Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Pandu, Leonardus Baskoro. 2003. Skripsi. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta.

Permatasari, Mike Dewi. 2012. Skripsi. Penerapan Pembelajaran Berbasis ICT untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi pada Siswa Kelas X7 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.

Puspitasari, Yenni. 2021. Artikel Ilmiah. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berintegrasi ICT

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Sumitro dkk. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY
Published
2022-01-14