PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI ZAT DAN KARAKTERISTIKNYA

  • irma surianti SMP Negeri Satu Atap 2 Lambandia
Keywords: Aktivitas belajar, IPA, zat dan karakteristiknya, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi IPA tentang zat dan karakteristiknya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ialah peserta didik kelas VII SMPN Satap 2 Lambandia pada semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 10 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas peserta didik berbasis Problem Based Learning (PBL). Langkah pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik ialah dengan memberikan orientasi masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik berupa gambar. Guru meminta peserta didik untuk langsung mengemukakan rumusan masalah. Guru mengorganisasikan peserta didik secara heterogen. Guru selalu mengontrol dan membimbing penyeledikan dan pengerjaan LKPD. Guru menunjuk secara acak peserta didik untuk merespon hasil presentase kelompok penyaji. Guru memberikan tes evaluasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata presentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I sebesar 67%, siklus II sebesar 76% dan siklus III sebesar 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learnig (PBL) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada materi zat dan karakteristiknya kelas VII SMPN Satap 2 Lambandia.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Besare, S.D. (2020). Hubungan Minat dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, Vol. 7 (1) (2020):18-25.
Depdiknas. (2006). Kuru
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan model problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berfikir kritis dan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 4(1).
Oemar Hamalik. (2010). Psikologi Belajar daan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Tarigan, Daiting (2014). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Jurnal Kreano, Vol. 5(1).
Zainal, Agib. (2008). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA, SMK. Bandung: CV. Yrama Widya.
Published
2022-01-14