MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PBL PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANJARMASIN

  • Norkhalidah Norkhalidah SMP Negeri 17 Banjarmasin
Keywords: Model pembelajaran, Problem Based Learning, Keaktifan Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada materi Sistem Gerak pada Manusia kelas VIII SMP Negeri 17 Banjarmasin menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi aktivitas peserta didik yang dilaksanakan didalam kelas setiap siklus meliputi (1) mengajukan pertanyaan, (2) memberikan tanggapan, (3) menggunakan sumber belajar yang tersedia, (4) mengikuti arahan dari guru, (5) berdiskusi dalam kelompok, (6) mempresentasikan hasil karya dan (7) mengungkapkan pendapat atau saran. Tahapan dalam penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Banjarmasin yang berjumlah 10 orang. Penerapan model Problem Based Learning dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan pada proses pembelajaran dengan perolehan data keaktifan 40% pada Pra siklus meningkat  menjadi 60% pada siklus I dan meningkat lagi 90% pada siklus II. Peningkatan keaktifan peserta didik dikarenakan telah memahami pembelajaran IPA dengan model Problem Based Learning terbukti peserta didik lebih antusias dan lebih aktif dalam pembelajaran.

References

Arikunto, Suharsimi (2012). Penelitian Program Pendidikan Proyek Pengembangan LPTK Depdikbud Dikti
Husnidar, I. M., & R, S. (2014). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis siswa. Jurnal Didaktik Matematika. Vol 1, No 1
Ibnu, Aji Setyawan. 2018. Model Pembelajaran PBL : Pengertian Ciri-ciri kelebihan kekurangan dan Langkah Lengkapnya. Dari https://gurudigital.id/model-pembelajaran-pbl-pengertian-ciri-ciri-kelebihan-kekurangan-langkah/ diakses pada 30 Desember 2021
Lubis, Renni Ramadhani. 2017. Model Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Hal.417-420.
Maharani, Desta .O., & Kristin F. (2017). “Peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)” Wacana Akademika majalah ilmiah pendidikan ,6 juni hal 29.
Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Rosda Karya
Nana Sudjana. (2004). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo
Oemar, Hamalik. (2002). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta; PT Raja grafindo PersadaRusman (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sadia, I, W. 2007. Pengembangan kemampuan berpikir formal siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran “Problem Based Learning” dan “Cycle Learning” dalam pembelajaran fisika. Vol. 1, No. 1.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bandung: Alfabeta
Surtikanti dan Santoso. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 53-64.
Suyadi. (2014). “Efektifitas pengembangan perangkat pembelajaran prosedur pemahaman konsep yang di modifikasi dalam pembelajaran IPA SD”. Jurnal Pendidikan Dasar . Vol.4 no 1. Februari 2015
Published
2022-01-14