PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI TABA RENAH

  • Sri Miniartati SMP Negeri Taba Renah
Keywords: Problem Basic Learning, Hasil Belajar, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model problem based learning pada pembelajaran Interaksi makhluk hidup dengan lingkungan dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN Taba Renah. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu prosedur jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN Taba Renah pada semester genap TP 2020/2021. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan diperoleh skor rata-rata hasil belajar IPA siswa pada praktik mengajar siklus I sebesar 61,33 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal 60%. Selanjutnya pada praktik mengajar siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar 72 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal 73,33%. Dan pada praktik mengajar siklus III diperoleh skor rata-rata hasil belajar 83,33 dengan ketuntasan hasil belajar secara klasikal 86,67%. Dengan demikian penelitian ini sudah berhasil karena indikator keberhasilan yaitu ketuntasan klasikal ≥ 85% sudah terpenuhi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan model problem based learning pada pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VII SMPN Taba Renah.

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

B. Uno, Hamzah. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati, N. (2015). Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Sman 5 Padang. Pillar Of Physics Education, 6 (2).

Lidinillah, A. M. (2013). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif.
Miniartati, Sri. (2021). Laporan PPL Mahasiswa PPG dalam Jabatan Angkatan I. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Riswati, R., Alpusari, M., & Marhadi, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.
Published
2022-01-14