Upaya Peningkatan Kognitif, Keterampilan dan Sikap Peserta Didik Melalui Penerapan Problem Based Learning

  • Sari Lestari Kristina SMP Negeri 24 Bintan
Keywords: Problem Based Learning, kognitif, keterampilan, aspek sikap, metode tes, metode observasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan kognitif, ketrampilan, dan aspek sikap peserta didik melaui penerapkan model problem based learning. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode observasi. Metode tes digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik terhadap materi yang telah diajarkan pada setiap akhir pembelajaran. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data, penilaian ketrampilan dan aspek sikap dalam pelaksanaan pembelajaran. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan perangkat pendukungnya. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatkan kemampuan kognitif, ketrampilan, dan aspek sikap setiap peserta didik dari siklus I, siklus II, dan siklus III.  Nilai rata-rata kognitifnya  pada siklus I yaitu 84,54, pada siklus II yaitu 87,05, dan pada siklus III yaitu 89,23. Nilai rata-rata ketrampilan juga mengalami peningkatan, siklus I yaitu 75,72, pada siklus II yaitu 76,05, dan pada siklus III yaitu 78,53. Kemudian untuk rata-rata nilai aspek sikap peserta didik juga mengalami peningkatan, siklus I yaitu 83,83, pada siklus II yaitu 87,58, dan pada siklus III yaitu 90,84.

Berdasarkan uraian data tersebut, dapat di simpulkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan kognitif, ketrampilan dan aspek sikap peserta didik.

References

Abuddin Nata, Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran (Jakarta: Kencana, 2011), 181.
Adi, Rianto. (2010). Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum, Jakarta: Granit.
Anas Sudijono. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja. Grafindo Persada. Anton Komaini et,al.
Amir, Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Probelem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur),. Cetakan Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.
Indha Yunitasari, Agustina Tyas Asri Hardini. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/983 (diakses tanggal 30 Desember 2021).
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progesif. Jakarta : Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Published
2022-01-14