PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI METODE TALKING STICK

  • Iwel Triana SMP Negeri 2 Kopo
Keywords: model, problem based learning, metode talking stick, IPA, Listrik Statis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi listrik statis di kelas IX SMP Negeri 2 Kopo Kabupaten Serang tahun pelajaran 2021-2022 dengan menggunakan model problem based learning disertai metode talking stick. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalahnya adalah apakah penggunaan model problem based learning disertai metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi listrik statis. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX  SMP Negeri 2 Kopo yang terdiri dari 15 siswa, yaitu 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus memiliki tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Menggunakan metode pengumpulan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada pra siklus siswa yang tuntas hanya 7 siswa dari 15 siswa atau 46%, ketuntasan belajar pada siklus I adalah 11 siswa yang tuntas (66%) selanjutnya siklus II adalah 13 siswa yang tuntas (86%). Kesimpulannya adalah dengan model Problem Based Learning disertai metode talking stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Kopo pada materi Listrik Statis.

References

Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta. Doni
Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Mulyasa, E. 2015. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pandu, Leonardus Baskoro. 2003. Skripsi. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Komputer (KK6) di SMK N 2 Wonosari Yogyakarta.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sumitro dkk. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suprijono, Agus. 2014. Coopertaive Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Published
2022-01-14