PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 SUKODONO

  • Novi Indriasari SMP Negeri 1 Sukodono
Keywords: Model pembelajaran Problem Based Learning, keaktifan belajar IPA, materi kalor

Abstract

Berdasarakan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru IPA SMPN 1 Sukodono, ditemukan keaktifan belajar IPA yang rendah. Hal ini tampak pada catatan lembar penilaian sikap dan jurnal guru yang bertuliskan hanya 3 siswa yang aktif menjawab pertanyaan guru maupun selama pembelajaran dikelas. Hal ini disebabkan siswa terlalu lama melaksanakan pembelajaran daring yang mana dalam proses pembelajaran, guru menggunakan model pembelajaran DI. Guru hanya memberikan tugas-tugas yang harus dikumpulkan, serta metode pembelajaran ceramah saat gmeet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning  dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA materi kalor. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Sukodono pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 16 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar penilaian sikap dan lembar observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan diperoleh persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 39,58%, siklus II 66.67%, dan siklus III 80%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar IPA pada siswa.

References

Sholihah, Ika. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Keaktifan Berdiskusi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Kelas VII SMP Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2008/2009. from https://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2010/10/10.012-PENERAPAN-MODEL-PEMBELAJARAN-PROBLEM-BASED-LEARNING.pdf.
Wati, Kurnia. (2019). Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. from http://repository.uinjambi.ac.id/2568/1/KURNIAWATI%20-%20qurnia%20karsa.pdf.
Moleong, L.J. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nur, M.2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press-UNESA.
Soeharto, Karti. 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: Surabaya Intellectual Cub.
Susilo, H,dkk.2007. 2008. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedia.
Published
2022-01-14