Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan PBL Pada Siswa Kelas IX MTs Miftahul Aula

  • A. Baihaqi MTs Miftahul Aula
Keywords: Model PBL, Hasil Belajar, PTK

Abstract

Abstrak. Hasil belajar siswa mata pelajaran IPA di MTSS Miftahul Aula Bangkal masih relative rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX A berjumlah 12 orang pada semester ganjil. Metode  pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode  tes dan observasi melalui tiga siklus pembelajaran dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar siswa setelah menerima pembelajaran dengan model problem based learning, pada siklus I sebesar 75%, siklus II sebesar 83% dan siklus III sebesar 84,60%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah  dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagai subjek penelitian, dan dari siklus ke siklus terjadi peningkatan keaktifan.

References

Agus Fany Chandra Wijaya. (2019). Pendalaman Materi Pengetahuan Alam Modul 1 Pembelajaran IPA dan Konsep IPBA. Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan.
Departemen Pendidikan Nasional, (UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional), Jakarta.
Donald R Cruickshank, Deborah Bainer Jenskins, Kim K. Metcalf. (2014). Perilaku Mengajar Edisi 6 Buku 2 The Act Of Teaching. Jakarta Selatan. McGraw-Hill Education (Asia) and Salemba Empat.
Firman Dwiyanto, Miftahus Surur. (2016). Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mata Pelajaran Prakarya dann Kewirausahaan Untuk Materi Analisis SWOT. Surabaya. CV Garuda Mas Sejahtera.
Melvin L Siberman. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (2018). Bandung. Penerbit Nuansa Cendekia.
Suyono, Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Published
2022-01-12