PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

  • Nurul Widayati SMK PGRI 1 Kebumen
Keywords: Problem based learning, Hasil belajar, Sistem pencernaan, anusia

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik karena kurangnya motivasi belajar peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII  SMP Islam Al-Kahfi Somalangu Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Al-Kahfi Somalangu Kebumen dengan materi Sistem Pencernaan Manusia.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri  dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Diketahui bahwa tingkat ketuntasan peserta didik pada materi ini pada tahun pelajaran sebelumnya hanya sekitar 45% dengan nilai KKM 72. Hal ini terjadi karena pembelajaran masih secara konvensional yang berpusat pada guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan 60 %, pada  siklus II diperoleh persentase ketuntasan 76,7% dan pada siklus III diperoleh persentase ketuntasan 93%.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SMP Islam Al-Kahfi Somalangu Kebumen.

 

 

References

Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta. Doni Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.
Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Sumitro dkk. 2006. Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Published
2022-01-14