PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS VIII UPT SMP NEGERI 1 SUKAMAJU

  • Juneria Mustaming UPT SMP Negeri 1 Sukamaju
Keywords: Pembelajaran IPA, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik Kelas VIIIg melalui penerapan model Problem Based Learning pada pokok bahasan sistem gerak pada manusia. Penelitian ini dilaksanakan 3 Siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Jenis penelitan adalah penelitian tindakan kelas dengan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIIg pada UPT SMP Negeri 1 Sukamaju yang berjumlah 16 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui, lembar observasi dan tes pengetahuan,. Data yang telah dikumpulkan dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase ketercapaian aktivitas belajar peserta didik sebesar 70,25% yang kemudian meningkat menjadi 85,50% pada siklus II dan pada siklus III menjadi 90,25%. Peningkatan hasil belajar dilihat dari aspek kognitif pada siklus I mencapai 68,75% dan meningkat pada siklus II menjadi 81,25% dan pada siklus III 1menjadi 87,50%. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem gerak pada manusia kelas VIIIg UPT SMP Negeri 1 Sukamaju.

References

Abu Ahmadi & Supriyono Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Akanmu, M. Alex and Fajemidagba.
A.M. Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Ashar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru Edisi Kedua. Jakarta; PT Raja grafindo Persada.
Rusman. (2010). Model – Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sadia, I, W. 2007. Pengembangan kemampuan berpikir formal siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran “Problem Based Learning” dan “Cycle Learning” dalam pembelajaran fisika. Vol. 1, No. 1.
Sakdiah dkk. (2020). Efek pemberian Reward dapat meningkatkan aktivitasdan Hasil belajar siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, vol (I).
Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu: konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2022-01-14