PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

  • Budi Prasetyo MTs Khaudlul Ulum
Keywords: Media pembelajaran, Motivasi belajar, Audio visual, Quizizz

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPA melalui media audio visual dan aplikasi quizizz dengan model pembelajaran problem based learning pada siswa kelas VII MTs Khaudlul Ulum. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas Partisipan. Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Tindakan penelitian dibagi menjadi tiga tahapan yakni siklus I, siklus II dan siklus III. Setiap siklus terbagi menjadi 4 komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Pengambilan Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sampling). Sampel diambil dari siswa kelas VII MTs Khaudlul Ulum Tahun Pelajaran 2021/2022 Semester gasal secara acak berjumlah 20 siswa.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Setelah dilakukan pre test sebelum melakukan tindakan, rata-rata nilai untuk materi suhu dan perpindahanya adalah 60 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 20. Setelah dilakukan tindakan menggunakan media audio visual dan aplikasi quizizz dengan model pembelajaran problem based learning pada siklus I nilai rata-rata meningkat yaitu 72 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Pada siklus II nilai rata-rata 82 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60. Kemudian pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 88 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 60. Maka terbukti dengan menggunakan media audio visual dan aplikasi quizizz dengan model pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA materi suhu dan pemuaian pada siswa kelas VII MTs Khaudlul Ulum.

References

Firiyal Afifah Ahmad, Muhammad Tawil, Muhammad Aqil Rusli. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII (Studi Pada Materi Pokok Sistem Ekskresi Manusia). Jurnal OJS UNM IPA Terpadu. vol 4, no 1.
Hasrin Lamote, Zulqarnain T. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa MTs Negeri 1 Kendari pada Mata Pelajaran IPA Terpadu. ejournal.iainkendari. vol 1, no 2.
Lina Agustina. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Audio Visual. Jurnal UNS. vol 14, no 1.
Irma Apria Anggini. (2015). Pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar biologi siswa pada konsep sistem organisasi kehidupan. UIN Jakarta.
Fujiyanto, A. Dkk. (2016).Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup.Edu Elektronika Journal.3(1), 41.
Published
2022-01-12