PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEWARISAN SIFAT DI KELAS IX E SMP UNGGULAN AMANATUL UMMAH

  • Ina Insania SMP Unggulan Amanatul Ummah
Keywords: Problem based learning, hasil belajar siswa, materi pewarisan sifat

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilatarbelakangi oleh  rendahnya hasil belajar siswa di SMP Unggulan Amanatul Ummah untuk mata pelajaran Ilmu  Pengetahuan Alam (IPA) khususnya materi pokok Pewarisan Sifat. Penyebabnya adalah dalam pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru dan siswa kurang dilibatkan dalam  proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA  khususnya materi Pewarisan Sifat di kelas IX E  SMP Unggulan Amanatul Ummah Surabaya – Jawa Timur Tahun Pelajaran 2021/2022 dengan menggunakan model Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX E SMP Unggulan Amanatul Ummah, yang terdiri dari 15  siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dengan dua  siklus. Setiap siklus memiliki tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,  dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran serta tes hasil belajar siswa pada siklus I dan II. Selanjutnya dianalisis dengan deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning  pada materi pewarisan sifat dapat meningkatkan nilai rata-rata hasil  belajar pada siklus I sebesar 72  dan siklus II sebesar 84. Proses pembelajaran dari dua siklus mengalami peningkatan sebanyak 86,7%., Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Pewarisan Sifat di kelas IX E SMP Unggulan Amanatul Ummah.

References

Assegaf, Asrani, & Uep Tatang. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan berfikir analitis melalui model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (2016): 38-48.
Azmi, Nisaul Hajar. (2015). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar. from https://media.neliti.com/media/publications/13800-ID-penerapan-model-pembelajaran-problem-based-learning-pbl-untuk-meningkatkan-hasil.pdf (diakses tanggal 25 November 2021)
Kunandar. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung:
Alpabeta
Wina, Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Published
2022-01-13